JURNALISTIK ONLINE


PENGERTIAN JURNALISTIK

Jurnalistik adalah ilmu, teknik, dan proses yang berkenaan dengan penulisan berita, feature, dan artikel opini di media massa, baik media cetak, media elektronik, maupun media online.

Pengertian jurnalistik pun terikat erat dengan penulisan dan media.

PENGERTIAN JURNALISTIK SECARA BAHASA

Secara etimologis, jurnalistik berasal dari kata journ. Dalam bahasa Perancis, journ berarti catatan atau laporan harian. Secara sederhana jurnalistik diartikan sebagai kegiatan yang berhubungan dengan pencatatan atau pelaporan setiap hari.

Dengan demikian, jurnalistik bukanlah pers, bukan pula media massa. Jurnalistik adalah kegiatan yang memungkinkan pers atau media massa bekerja dan diakui eksistensinya dengan baik.

SEJARAH JURNALISTIK

   Berbagai literatur tentang sejarah jurnalistik (jurnanlism) senantiasa merujuk pada "Acta Diurna" pada zaman Romawi Kuno, khususnya masa pemerintahan kaisar Julius Caesar (100-44 SM).
 
 "Acta Diurna" adalah papan pengumuman, sejenis majalah dinding atau papan informasi sekarang. Acta Diurna diyakini sebagai produk jurnalistik pertama, pers, media massa, atau surat kabar harian, atau koran pertama di dunia. Julius Caesar pun disebut sebagai "Bapak Pers Dunia".
  
  Sebenarnya, Caesar hanya meneruskan dan mengembangkan tradisi yang muncul pada permulaan berdirinya kerajaan Romawi. Saat itu, atas peritah Raja Imam Agung, segala kejadian penting dicatat pada "Annals", yakni papan tulis yang digantungkan di serambi rumah. Catatan pada papan tulis itu merupakan pemberitahuan atau informasi bagi setiap orang yang lewat dan                                            memerlukannya.

 Saat berkuasa, Julius Caesar memerintahkan agar hasil sidang dan kegiatan para anggota senat setiap hari diumumkan pada "Acta Diurna". Demikian pula berita tentang kejadian sehari-hari, peraturan-peraturan penting, serta apa yang perlu disampaikan dan diketahui rakyatnya.

 Papan pengumuman itu dipasang di pusat kota yang disebut "Forum Romanum" (Stadion Romawi) untuk diketahui oleh umum. Berita di "Acta Diurna" kemudian tersebarluaskan.

 Saat itulah muncul para "Diurnarii", yakni orang-orangyang bekerja membuat catatan-catatan tentang hasil rapat senat dari papan "Acta Diurna" itu setiap hari, untuk para tuan tanah dan para hartawan.

Dari kata "Acta Diurna" inilah secara harfiah kata jurnalistik berasal, yakni kata "Diurnal" dalam Bahasa Latin berarti "harian" atau "setiap hari".

Kata "diurnal" lalu diadopsi ke dalam bahasa Prancis menjadi "Du Jour" dan bahasa Inggris "Journal" yang berarti "hari", "catatan harian", atau "laporan". Dari kata "Diurnarii" muncul kata "Diurnalis" dan "Journalist" (wartawan).

Dalam sejarah Islam, cikal bakal jurnalistik yang pertama kali di dunia adalah pada zaman Nabi Nuh 'alaihissalam. Saat banjir besar melanda kaumnya, Nabi Nuh a.s. berada di dalam kapal beserta sanak keluarga, para pengikutyang saleh, dan segala macam hewan.

Untuk mengetahui apakah air bah sudah surut, Nabi Nuh mengutus seekor burung dara ke luar kapaluntuk memantau keadaan air dan kemungkinan adanya makanan.

Sang burung dara hanya melihat daundan ranting pohon zaitun yang tampak muncul ke permukaan air. Ranting itu pun dipatuk dan dibawanya pulang ke kapal. Nabi Nuh pun berkesimpulan air bah sudah mulai surut.

Kabar itu pun disampaikankepada seluruh penumpang kapal. Atas dasar fakta tersebut, Nabi Nuh dianggap sebagai pencari berita dan penyiar kabar (wartawan) pertama kali di dunia. Kapal Nabi Nuh pun disebut sebagai kantor berita pertama di dunia.


Online (Jurnalistik)

Pengertian, Definisi, Karakteristik, dan keunggulan jurnalistik Online. 

Jurnalistik online adalah jurnalistik generasi baru seiring kemunculan media online (internet) sebagai salah satu media baru (New Media). Jurnalisme online merupakan jurnalisme generasi ketiga setelah jurnalsime cetak (media cetak seperti surat kabar dan majalah) dan jurnalisme elektronik seperti (radio dan televisi). 

Sejarah Jurnalistik Online

Sejarah jurnalisme online di dunia dimulai pertama kali ketika pada tanggal 19 Januari 1998, di mana Mark Drudge mempublikasikan kisah perselingkuhan Presiden Amerika Serikat, Bill Clinton, dengan Monica Lewinsky. Dan pada tanggal itu lah disebut sebagai tanggal lahir Jurnalisme Online, yang pada akhirnya berkembang di berbagai negara lain. Kemudian barulah pada tahun 2000-an, muncul situs-situs pribadi yang menampilkan laporan jurnalistik pemiliknya, yang kemudian disebut sebagai weblog atau blog. 

Perkembangan teknologi yang begitu pesat ikut mempengaruhi proses eksistensi media. Hal tersebut juga terjadi karena pola perkembangan manusia modern yang cenderung serba instan. Media massa sedikit banyak akan mengalami pergeseran atau revolusi ke arah yang lebih canggih. Mulai dari buku, majalah, surat kabar, atau media cetak lainnya tidak memakai kertas lagi karena kita bisa membacanya secara online. Perkembangan media online sejalur dengan makin merambahnya internet di setiap pelosok di Indonesia, serta merebaknya handphone yang bisa dengan mudah mengakses internet.

Jenis-Jenis Dan Macam-Macam Jurnalistik
Jenis-Jenis : 1.  Jurnalisme Presisi
                           2.  Jurnalisme Kuning
                           3.  Jurnalisme “Lher”
                           4.  Jurnalisme Perdamaian dan Perang
                           5.  Jurnalisme Kepiting

Macam- macam Jurnalistik :
1. Jurnalisme Investigas
2. Jurnalisme Kolaborasi
3. Jurnalisme Advokas
4. Jurnalsime Perdamaian

sumber refrensi : 
http://www.artikelsiana.com/2015/08/jurnalistik-pengertian-jurnalistik
http://www.komunikasipraktis.com/2014/09/pengertian-jurnalistik-daftar-definisi
http://www.jurnalrozak.web.id/2014/10/pengertian-jurnalistik-secara-umum
http://www.romelteamedia.com/2016/10/sejarah-jurnalistik-dari-acta-diurna

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UAS Take Home Online Jurnalism

Seputar Teknik Editing Berita Online

Mengenal Kebudayaan Dieng